Aside

10 Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru (1)

Minggu, 29 Desember 2013 – 14:12 wib
Browser anda tidak mendukung iFrame

Mutya Hanifah – Okezone
Tahun baru di Belarus (Foto: travelandleisure)

Tahun baru di Belarus (Foto: travelandleisure)

TAHUN baru tidak hanya dapat dirayakan dengan terompet atau pesta kembang api saja. Di beberapa negara bahkan ada tradisi Tahun Baru yang meriah dan unik, tidak ada duanya. Simak ulasannya berikut ini, seperti dikutip dari TravelandLeisure:

Denmark

Warga Denmark mempunyai cara unik untuk merayakan datangnya tahun baru. Saat tengah malam, mereka akan berdiri di atas kursi kemudian tepat saat pergantian tahun mereka akan melompat dari atas kursi tersebut. Lompatan ini memiliki arti untuk memusnahkan roh-roh jahat dan membawa keberuntungan di tahun yang baru.

Finlandia

Penduduk Finlandia setiap tahun sebelum pergantian tahun biasa memprediksi tahun yang akan datang dengan melelehkan sebuah lempengan timah dalam sebuah baskom air. Bentuk timah ini akan menunjukkan apa yang akan terjadi di tahun depan; bentuk hati atau cincin berarti perkawinan, bentuk kapal berarti perjalanan dan bentuk babi berarti akan banyak rezeki berupa makanan.

Belarus
Saat Tahun Baru di Belarus juga merupakan saat perayaan Kaliady, perayaan dimana wanita-wanita yang belum menikah memainkan sebuah permainan untuk memprediksi siapa yang akan menikah di tahun yang baru. Dalam permainan ini, setumpuk jagung akan diletakkan di sebelah setiap wanita, kemudian akan dilepaskan seekor ayam jantan.

Tumpukan jagung yang pertama dimakan oleh ayam jantan tersebut menunjukkan wanita mana yang akan menikah lebih dahulu di tahun tersebut. Selain permainan, ada pula permainan lain, dimana wanita-wanita yang telah menikah menyembunyikan beberapa barang di rumahnya agar ditemukan oleh teman-temannya yang belum menikah. Wanita yang menemukan roti diramalkan mendapat suami kaya, sedangkan yang menemukan cincin akan mendapatkan suami tampan.

Jepang

Di Jepang, setiap malam Tahun Baru sejak 1951, sebuah pertunjukan musik di televisi yang populer disiarkan di Jepang. Siaran musik ini bernama “Kohaku Uta Gassen”, dimana dua tim selebriti akan saling melawan dalam kompetisi menyanyi. Siaran ini tidak pernah dilewatkan untuk ditonton oleh keluarga-keluarga di Jepang.

Spanyol

Saat tengah malam pergantian tahun, warga Spanyol memiliki tradisi memakan 12 buah anggur dengan cepat, dalam hitungan setiap detik. Setiap buah anggur ini melambangkan keberuntungan dalam 12 bulan di tahun yang baru.

Di Madrid, Barcelona, dan kota-kota Spanyol lainnya, para penduduk berkumpul di pusat kota saat detik-detik pergantian tahun sambil memakan anggur bersamaan dan bergantian meminum minuman anggur dari botol.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s