Kenali 6 faktor yang dapat meningkatkan kanker payudara ini

Standard

Merdeka.com – Kanker payudara masih menjadi penyakit yang menyeramkan bagi kalangan wanita. Kanker payudara menyumbang sekitar 22,9% kematian pada wanita yang disebabkan oleh kanker. Tingkat kelangsungan hidup penderita kanker payudara ditentukan oleh dua hal yaitu diagnosis dari penyakit tersebut serta seberapa ganasnya sel kanker yang diderita.

Meskipun kanker payudara karena alasan genetik tidak dapat dihindari, namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan resiko Anda terkena kanker payudara. Salah satunya adalah dengan cara mengetahui faktor-faktor yang dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

Ras dan etnis
Genetika seorang wanita juga dapat menentukan apakah wanita itu berpotensi terkena penyakit kanker payudara atau tidak. Hal ini terbukti secara ilmiah bahwa perempuan kulit putih lebih beresiko tinggi terkena kanker payudara dibandingkan dengan wanita kulit hitam atau ras Afro Amerika.

Garis keturunan
Jika ibu, nenek, atau saudara perempuan Anda pernah terkena atau terdiagnosis kanker payudara maka sebaiknya Anda berhati-hati sebab Anda kemungkinan besar terkena penyakit tersebut juga. Oleh karena

Riwayat kesehatan Anda sendiri
Jika Anda pernah terdeteksi penyakit kanker payudara dengan stadium yang rendah dan penyakit tersebut terdeteksi lebih awal sehingga Anda bisa mengobatinya, sebenarnya Anda tidak bisa bernapas lega. Sebab hal ini akan mengembangkan resiko Anda terkena kanker payudara di kemudian hari.

Memiliki jaringan payudara yang padat
Payudara terdiri dari jaringan lemak, jaringan kelenjar, dan jaringan fibrosa. Apabila Anda memiliki lebih banyak jaringan kelenjar dan jaringan fibrosa sementara Anda kurang memiliki jaringan lemak, maka hal ini dapat menempatkan Anda pada resiko tinggi terkena kanker payudara.

Menstruasi, obesitas, dan usia
Ketiga hal ini dapat membuat Anda rentan terkena kanker payudara. Apabila Anda mendapatkan menstruasi pertama di usia yang dini dan menopause di usia pertengahan 50 maka ada kemungkinan Anda beresiko terkena kanker payudara. Begitu pula dengan berat badan. Perempuan yang menderita obesitas lebih beresiko dibandingkan dengan perempuan yang mempunyai berat badan yang normal.

Pil KB
Menggunakan kontrasepsi jenis ini akan meningkatkan resiko Anda terkena kanker payudara. Namun apabila Anda berhenti mengonsumsi pil ini, maka resiko terkena kanker payudara pun dapat turun.

Faktor di atas adalah faktor awal yang dapat menyebabkan Anda terkena kanker payudara. Pola hidup tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan merokok dapat memperbesar faktor tersebut untuk berkembang menjadi kanker payudara. Oleh karena itu mulailah untuk menjalankan pola hidup sehat mulai dari sekarang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s